Home Budaya Mengenal Kerbau Milyaran di Istana Saleko

Mengenal Kerbau Milyaran di Istana Saleko

1934
0
SHARE
Info Budaya Istana Saleko
Info Budaya Istana Saleko

Wisata Toraja utara Sitana Saleko

Info budaya : Toraja yang terkenal dengan ukiran, kebudayaan yang fenomenal yaitu rambu solo. Dan rambu tuka’. Disamping itu objek wisata yang sering menjadi viral seperti negeri diatas awan lolai, Patung Yesus, Kete kesu, londa dan masih banyak lagi.

Info Budaya Istana Saleko
Info Budaya Istana Saleko

Dan satu lagi destinasi wisata yang mengangkat tradisi yang sering di gunakan pada pesta rambu solo’ adalah kerbau. Nah destinasi wisata tersebut adalah “Istana Saleko”.

Baca : 5 Fakta Unik Candi Borobudur

Eit jangan salah ya traveler info budaya klo Istana Saleko itu bukan istana kayak keraton-keraton, sebab di toraja tidak mengenal kerajaan, tapi istana saleko ini kreatifitas warga setempat untuk membuat destiwisata yang memberikan pembelajaran bagi wisatawan yang ingin mengetahui hewan yang di guanakn pada saat pesta/upacara rambu solo’ di Toraja.

Makna kerbau dalam upacara rambu solo’ yang begitu penting bagi masyarakat Toraja.

Info Budaya Istana Saleko
Info Budaya Istana Saleko

Di Istana Saleko ini traveler Info Budaya akan menyaksikan berbagai macam kerbau yang di gunakan pada upacara atau pesta rambu solok seperti Saleko, Lotong bokok, Sambo batu, tedong bonga. Harga dari kerbau-kerbau tersebut boleh dikatakan sangat fantastis, bahkan dapat mencapai harga milyaran, wow…

Baca : Kesenian Batak Dan Suara Merdu

Oia lokasi Istana Saleko Ini tidak jauh dari tempat wisata Kete Kesu, Kecamatan Kesu, Toraja Utara. Jarak dari Kete Kesu sekitar 50 meter cukup berjalan kaki ke lokasi tersebut sobat, kendaran dapat di parkir di Kete Kesu kemudian berjalan kaki ke Istana Saleko, badan sehat dengan menghirup udara segar Toraja, mantap kan traveler info budaya. Oia tau kan Traveler info budaya Kete Kesu, nah klo ga tau kunjungi aja disini

Info Budaya Istana Saleko
Info Budaya Istana Saleko

Istana Saleko ini tergolong baru juga sieh, dibagun pada bulan agsutus 2017 jadi tidak salah jika tempat ini masih jarang di kunjungi dan semoga melui informasi ini semakin banyak yang berkunjung ya sobat.

Di Istana Saleko ini sobat traveler bias foto-foto selfie dengan kerbau milyaran di toraja, tentu saja sebelum foto sefie trafeler info budaya kudu membayar tiket masuk yang tergolong murah, Cuma Rp 10.000,-

Baca : Info Budaya Gorga Batak Yang Fenomenal

Hemm… Bingung ga kenapa Kerbau Saleko harganya sampai milyaran, Karena Kerbau/tedong saleko merupakan ikon budaya masyarakat Toraja terutama dalam ritual upacara kematian atau rambu solo’.

Keberadaan hewan kerbau/tedong dalam upacara rambu solo’ bukanlah kebetulan saja tetapi makna kerbau dalam upacara rambu solo’ yang begitu penting bagi masyarakat Toraja.
Disamping itu keunikan secara fisik dari tedong saleko yaitu warna kulit yang menarik dan berbeda dari kerbau umumnya yang terdapat di berbagai daerah.

Baca : Berkesenian Secara Mandiri Kok Bisa

Bagaimana sobat Info Budaya mau tau lebih banyak mengenai Toraja, sebaiknya ke Toraja deh. Sobat traveler info budaya akan menemukan berbagai keindahan alam dan kebudayaan yang membuat sobat betah berlama-lama di Toraja.

Info Budaya Istana Saleko
Info Budaya Istana Saleko

Jika sobat ragu untuk berkunjung ke Istana Saleko karena tidak mempunyai pemandu wisata, tenang saja sobat Info budaya, infobudaya.com siap membantu anda menghubungkan dengan agen ataupun dinas terkait, yang penting sobat menikmati dan mengenal lagi kebudayaan Indonesia.

LEAVE A REPLY