Home Tokoh Arie Tipe X – hanya X friends yang tentukan

Arie Tipe X – hanya X friends yang tentukan

21733
1
SHARE
Arie Tipe X ( Arie siswanto Hardjo Pawiro lahir di Semarang 5)

Arie Tipe X salah satu Drummer yang cukup dikenal di Indonesia. Drummer Tipe X ini pernah bergabung dengan Band U Camp dan akhirnya menetap dengan Tipe X, band yang beraliran SKA. Arie siswanto Hardjo Pawiro lahir di Semarang 5 April 1982, dari buah kasih ayahnya dari Solo dan ibunya dari Kendari – Sulawesi Tengah.

Kesempatan yang datang di akhir Oktober 2007 itu tidak disia-siakan oleh Arie. Tantangan dari Tresno (vokalis Tipe-X) dan personil lainnya dijawab dengan pembuktian permainan drumnya ketika ia baru pertama manggung bersama Tipe-X. Tresno selaku leader memang mencari drummer yang bertipikal Rock, karena Tipe-X tidak murni ska, tetapi ada pengaruh musik rock dalam aransemennya. Ternyata apa yang dicari Tipe-X selama ini didapatkan dari seorang Arie, mulai dari power, stamina, kecepatan, stabilitas, dan attitude.

hanya X friends (sebutan fans Tipe-X)

Tetapi semua hal yang baik tersebut tidak serta-merta menjadikannya drummer tetap Tipe-X, karena menurut personil Tipe-X yang lain, hanya X friends (sebutan fans Tipe-X) yang bisa memutuskan. Dari pengalaman-pengalaman sebelumnya, setiap kali manggung, drummer Tipe-X selalu mendapat kritikan pedas. Tetapi kekuatiran itu langsung sirna, karena saat Tipe-X manggung dengan additional drummer barunya (Arie), ternyata sambutan X-friends untuk Arie sangat hangat dan positif.

Hal inilah yang kemudian menjadikan Arie sebagai drummer tetap sampai sekarang ini. Arie juga pernah tercatat sebagai drummer U Camp album ke-6, additional player di AFI 1 Indosiar, additional player Erwin Gutawa album Rockestra, additional player Gita Gutawa di album Gita Gutawa, recording artist, dan di endorse oleh drum Mapex dan Ziljian cymbal. Saat event drum class di Solo, Arie berkesempatan membagikan ilmunya pada drummer-drummer muda di sana, dan Drummerline berkesempatan melakukan bincang-bincang dengan drummer Tipe-X ini.

Keluarga merupakan salah satu faktor sehingga Tipe X masih bertahan

Keluarga merupakan salah satu faktor sehingga Tipe X masih bertahan dengan segudang agenda. Itu yang dirasakan Arie Tipe X yang dirasakan sejak bergabung dalam band ini. Ada suka dan duka yang membuat ikatan persaudaran diantara tiap personil.

Baca : Kesenian Jathilan Mendunia

Dulu ia (Arie Tipe X) belum didukung oleh orang tua untuk ngeband. Kalau di sekolah nilaiku merah, pasti mereka bilang karena ngeband. Kenakalan remajaku juga dikaitkan erat dengan kegiatan ngeband. Pokoknya semua peristiwa negatif yang ia buat pasti dikaitkan dengan band. Arie Tipe X juga sempat dikeluarkan dari sekolah dan pindah sekolah di Jakarta. Di Jakarta Arie Tipe X bertemu Ossa Sungkar dan mulai menyisihkan uang untuk kursus drum.

Karena kondisi yang tidak mendapat dukungan orang tua, nggak mungkin aku minta uang kursus drum sama mereka. Kalau teman-temanku beli makanan pada waktu istirahat, ia pikir lebih baik simpan uangku buat kursus.

Baca : Keragaman Suku Bima dalam Tradisi

Cerdas dan kreatif salah satu tips untuk meraih kesuksesan hal tersebut juga dilakukan oleh Arie Tipe X. Break Kursus dari Ossa Sunggkar cara lain yang dilakukannya pada saat itu dengan rajin nonton Gilang Ramadhan manggung, tentunya agar dapat ilmu dari beliau.

Jadi kru dari PAS band untuk meraih tujuan dilakukan Arie Tipe X

Di tahun 2000, aku ketemu dengan Sandy PAS waktu dia clinic tour. Arie tipe X minta kartu namanya, terus nanya-nanya soal tempat dan harga kursusnya, yang ternyata murah. Dengan Sandy ia belajar drum dari mengubah pola permainan, sampai detail teknik bermain drumnya. Jadi kru dari PAS band sempat dilakoninya. Ternyata untuk jadi rock star, perjuangannya nggak mudah, tapi layak untuk diperjuangkan. Sampai saat ini aku belum merasa sudah maksimal dengan perjuanganku. Masih banyak cita-cita, tanggung jawab dan lain-lain di masa depan yang mesti aku ambil.

Bagi seorang Arie Tipe X sukses itu apabila telah membahagiaan orang-orang yang ia cintai.

Salam Musik dan Tetap Berkaya dan jangan takut perjuangkan apa yang menjadi cita-citamu.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY