Home Kesenian Alat Musik Tradisional Unik Dari Kalimantan Barat

Alat Musik Tradisional Unik Dari Kalimantan Barat

781
0
SHARE

Info Budaya : Salah Satu Provinsi di Indonesia yang kaya akan alat musik tradisional adalah Kalimantan Barat. Daerah yang dijuluki dengan sebutan “Seribu Sungai” ini berbatasan darat dengan Negara bagian Serawak dan Malaysia, mempunyai banyak kerajinan yang cukup terkenal seperti kain tenun, Manik-manik serta anyaman rotan.

Ada juga alat musik di Kalimantan Barat yang cukup terkenal seperti :

Sapek – Alat MusikTradisional

Info Budaya alat musik tradisonal Dayak Sapek (Image : mamikos com)
Info Budaya alat musik tradisonal Dayak Sapek (Image : mamikos com)

Sampek atau sampiq adalah alat musik Suku Dayak di Kalimantan, yang sudah dikenal baik dari negara Indonesia, Malaysia, maupun Brunei.

Baca : Transformasi Akar Budaya

Di Gitar kita kita mengenal fret/batas nada, bagi suku dayak fret disebut lasar. Fret pada alat musik tradisonal Sapek ini hanya memiliki 2-3 fret, sangat berbeda dengan gitar yang fretnya bisa mencapai 24 buah.

Oia sobat info budaya fret pada Sapek ini ternyata dapat digeser sesua kebutuhan, tidak seperti pada gitar dimana fretnya di tanam pada leher gitar.

Keledik – Alat MusikTradisional

Info Budaya alat musik tradisonal Dayak Keledik (Image : rumahulin com)
Info Budaya alat musik tradisonal Dayak Keledik (Image : rumahulin com)

Keledik atau biasa juga disebut Korondek (masyarakat Rumpun Uut Danum) dan ada juga yang menyebutnya dengan sebutan Kedire, dimainkan dengan cara di htiup atau dihisap. Alat musik tradisional Kalimantan Barat ini menghasilkan nada pentonik.

Baca : Perwujudan Boneka Dari India Populer di Jamannya

Keledik terbuat dari bahan Labu, bambu dan benang. Cara membuatnya yaitu isi buah labu ini dikeluarkan. lalu labu yang sudah tidak berisi direndam selama satu bulan, kemudian setelah direndam labu dikeringkan. Buah labu yang sudah kering dan batang bambu disatukan dengan menggunakan perekat dari sarang kelulut (lebah hutan berukuran kecil).

Baca : 4 Kearifan Lokal di Sulawesi Setalan

Keledik biasa dimainkan untuk mengiringi nyanyian tradisional, tarian-tarian tradisional, teater tutur (berupa syair nyanyian yang berisi nasihat dan petuah) dan saat upacara adat suku Dayak.

Terah Umat- Alat MusikTradisional

Info Budaya alat musik tradisonal Dayak Terah Umat (image : infofromwe blogspot com)
Info Budaya alat musik tradisonal Dayak Terah Umat (image : infofromwe blogspot com)

Alat musik ini di buat oleh suku dayak Uut Danum. Dalam bahasa Kalimantan Umat memiliki arti besi, Dari namanya kita bisa membanyangkan jika alat musik ini adalah alat musik pukul seperti gamelan di Jawa.

Baca : Kearifan Budaya Dari Sudut Pandang Filsafat

Balikan – Alat MusikTradisional

Info Budaya alat musik tradisonal Dayak Balikan (Image : rumahulin com)
Info Budaya alat musik tradisonal Dayak Balikan (Image : rumahulin com)

Alat musik tradisonal Balikan atau Kuranting dibuat oleh suku Dayak yang tinggal di daerah Kapuas Hulu. Balikan adalah alat musik petik sejenis dengan alat musik Sapek.

Katambung – Alat MusikTradisional

Info Budaya alat musik tradisonal Dayak Katambung (Image : notepam com)
Info Budaya alat musik tradisonal Dayak Katambung (Image : notepam com)

Alat musik tradisonal Katambung, panjangnya hingga 75 Cm, merupakan alat musik tradisonal yang terbuat dari kayu ulin sebagai badannya sedangkan bagian penutup atasnya terbuat dari kulit ikan buntal yang dipukul.

Alat musik pukul Katambung ini unik karena bagian yang dipukul terbuat dari kulit ikan buntal yang dikeringkan, dengan diameter bisa mencapai 10 cm.

Baca : Benarkah Alat Musik Tradisional Ini Telah Hilang Di Toraja

Bagaimana sobat traveler info budaya, Indonesia sangat kayakan dengan alat musik tradisonalnya. Ini hanya sebagian kecil alat musik dari kalimantan barat. Alangkah kayanya Indonesia.

LEAVE A REPLY