Home Budaya Kete Kesu dan Keseruan Peninggalan Leluhurnya

Kete Kesu dan Keseruan Peninggalan Leluhurnya

2019
1
SHARE
Info Budaya Rumah Tongkonan dan Alang di Kete Kesu
Info Budaya Rumah Tongkonan dan Alang di Kete Kesu

Berkunjung Ke Tempat Wisata Kete Kesu di Toraja

Info Budaya : Toraja yang terletak di provinsi Sulawesi selatan menjadi salah satu destinasi wisata yang sudah ramai di kunjungi oleh wisatawan baik local ataupun domestic.

Terkenal dengan kedaan alam dan kebudayaan yang unik membuat Toraja menadi salah satu destinasi wisata yang ramai di tujuh oleh wisatawan, salah satu destinasi wisata yang terdapat di toraja adalah Kete Kesu.

Info Budaya Tau Tau di Kete Kesu
Info Budaya Tau Tau di Kete Kesu

Kete Kesu salah satu destinasi wisata yang tidak jauh dari Kota Rantepao, perjalan ke Kete Kesu dari Rantepao berjarak kurang lebih 4 Km.

Di tempat wisata Kete Kesu ini kita dapat melihat kuburan batu yang diperkirakan berusia sekitar 500 tahun lebih. Didalam kuburan batu tersebut kita dapat melihat sisa-sisa tengkorak dan tulang manusia.

Hampir semua kubur batu diletakkan menggantung di tebing atau gua. Selain itu, di beberapa tempat juga terlihat kuburan megah milik bangsawan yang telah meninggal dunia.

Info Budaya Tengkorak dan Tulang di Kete Kesu
Info Budaya Tengkorak dan Tulang di Kete Kesu

Pada saat anda berkunjung ke daerah wisata Kete Keseu maka kita akan melihat beberapa makam adat di Kete Kesu telah ditutup dengan jeruji besi untuk mencegah pencurian patung jenazah adat (tau-tau=patung dari kayu yang menyerupai manusia).

Beberapa jenazah dapat dilihat jelas dari luar bersama dengan harta yang dikuburkan di dalamnya. Peti mati tradisional (erong) yang terdapat di desa ini tidak hanya berbentuk seperti perahu, namun juga ada yang berbentuk kerbau dan babi dengan pahatan atau ukiran yang menghiasi.

Info Budaya Peti mati berbagai bentuk di Kete Kesu
Info Budaya Peti mati berbagai bentuk di Kete Kesu

Pahatan dinding batu Kete Kesu begitu penuh makna. Jika kamu memerhatikan dindingnya, terdapat beberapa makam khusus yang diletakkan di posisi paling tinggi. Itu merupakan makam para bangsawan Tana Toraja. Foto beberapa tetua dan cendekiawan juga dapat dilihat di sepanjang jalan menuju makam goa.

Di tempat wisata Kete Kesu ini, traveler disuguhi dengan pemandangan Rumah adat (Tongkonan) yang posisinya berhadap-hadapan lumbung (Alang), ciri khas rumah adat toraja (Tongkonan) menggunakan atap dari bamboo. Di Kete Kesu traveler akan melihat atap Tongkonan masih menggunakan bambu.

Info Budaya Rumah Tongkonan dan Alang di Kete Kesu
Info Budaya Rumah Tongkonan dan Alang di Kete Kesu

Didepan Tongkonan terdapat tanduk kerbau yang disusun berdasarkan strata social keluarga dalam masyarakat toraja.
So.. Traveler Info Budaya yang ingin berkunjung ke tempat wisata Kete Kesu, jangan lupa menyiapkan uang untuk membeli berbagai souvenir yang di jajakan di sekitar area Kete Kesu.
Salam Budaya Salam nusantara.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY