Home Budaya 5 Fakta Unik Candi Borobudur

5 Fakta Unik Candi Borobudur

621
0
SHARE
(image Infobuda(image Infobudayaindonesiacom) Fakta unik candi borobuduryaindonesiac0m) Fakta unik candi borobudur
(image Infobudayaindonesiacom) Fakta unik candi borobudur

Info Budaya : Jika kita mengatakan candi maka yang terbersit dalam pikiran kita biasanya adalah candi Borobudur, tidak salah karena bangunan yang menjadi salah satu bukti kejayaan budaya Indonesia jaman dahulu sudah memberikan pengaruh dalam perkembangan perekonomian di asia.

(image Infobudayaindonesiacom) Fakta unik candi borobudur
(image Infobudayaindonesiacom) Fakta unik candi borobudur

Borobudur adalah sebuah candi Buddha yang terletak di Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Indonesia. Candi ini berlokasi di kurang lebih 100 km di sebelah barat daya Semarang, 86 km di sebelah barat Surakarta, dan 40 km di sebelah barat laut Yogyakarta.

Candi Borobudur terdapat di lokasi Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Candi ini adalah peninggalan sejarah kerajaan Buddha, jadi tak heran, di candi ini jadi pusat perayaan Hari Raya Waisak. Telah semestinya anda senantiasa melindungi warisan budaya yang tidak ada ternilai harga nya ini.

Candi berbentuk stupa ini didirikan oleh para penganut agama Buddha Mahayana sekitar abad ke-8 masehi pada masa pemerintahan wangsa Syailendra. Borobudur adalah candi atau kuil Buddha terbesar di dunia, sekaligus salah satu monumen Buddha terbesar di dunia.

Apa sobat info budaya sudah pada tau kalau candi Borobudur mempunyai fakta unik atau mungkin saja sobat info budaya tidak memikirkannya.

Berikut 5 Fakta Unik Candi Borobudur

Bangunan Megah

(image Infobudayaindonesiac0m) Fakta unik candi borobudur
(image wikipedia) Fakta unik candi borobudur

Pada saat itu pemerintahan Raja Sanmaratungga memerintahkan membangun bangunan megah yang terbuat dari susunan batu. Bangunan tersebut seperti bangunan candi lainnya di bangun menjadi lambang persembahan serta mengagungkan bakal kuasa Sang Pencipta. Candi Borobudur di bangun pada era ke delapan yaitu saat kejayaan dari Dinasti Syailendra serta Sanjaya di Pulau Jawa.

Siapa Pendirinya

Tidak ditemukan bukti tertulis yang menjelaskan siapakah yang membangun candi Borobudur dan apa kegunaannya. Waktu pembangunannya diperkirakan berdasarkan perbandingan antara jenis aksara yang tertulis di kaki tertutup Karmawibhangga dengan jenis aksara yang lazim digunakan pada prasasti kerajaan abad ke-8 dan ke-9. Diperkirakan Borobudur dibangun sekitar tahun 800 masehi.

Kurun waktu ini sesuai dengan kurun antara 760 dan 830 M, masa puncak kejayaan wangsa Syailendra di Jawa Tengah, yang kala itu dipengaruhi Kemaharajaan Sriwijaya. Pembangunan Borobudur diperkirakan menghabiskan waktu 75 – 100 tahun lebih dan benar-benar dirampungkan pada masa pemerintahan raja Samaratungga pada tahun 825.

Dipugar

(image Infobudayaindonesiacom) Fakta unik candi borobudur
(image Infobudayaindonesiacom) Fakta unik candi borobudur

Beberapa besar Candi Borobudur sudah tertimbun tanah sampai mirip bukit. Pada th 1814, Thomas Stanford Raffles memerintahkan supaya dikerjakan pembongkaran pada bukit itu. Pemicunya tidak lain yaitu banyak diketemukannya batu berukir pada bukit tersebut. Pembongkaran tersebut dikerjakan sampai th 1835. Candi Borobudur diketemukan dalam keadaan yangrusak berat. Untuk dapat mengembalikannya ke bentuk awal mulanya, dikerjakan pemugaran pada th 1907 smpaia dengan 1911. Waktu tersebut, Nusantara masihlah dijajah Belanda. Sesudah demikian lama, Borobudur dipugar lagi oleh pemerintah Indonesia mulai th 1973 s/d 1983 dengan pertolongan dana dari Unesco.

Susunan Candi

Borobudur terdiri atas 2. 000. 000 bongkah batu yang tersusun dengan baik serta rapi. Kekhasan Candi Borobudur yaitu susunan batu yang rapi itu tak memakai perekat apa pun. Panjang sisinya meraih 123 mtr.. Tinggi aslinya yaitu 42 mtr., namun waktu ini yang tersisa hanya 34, 5 mtr.

lantaran sisi bawah candi Borobudur terpendam dalam tanah. Bentuk aslinya, Candi Borobudur berupa stupa, yakni bangunan suci agama Buddha. Jumlah stupa keseluruhnya yaitu 1. 472 buah. Menurut seseorang pakar sejarah dari Belanda, Dr. J. G. Casparis, sepuluh tingkat pada Candi Borobudur adalah perlambang ajaran agama Buddha Mahayana yang dimaksud “Dasabodhisatwabhumi”. Artinya, tingkat kesepuluh yaitu adalah tingkat pencapaian paling tinggi meraih kesempurnaan serta jadi Buddha.

(image Infobuda(image Infobudayaindonesiacom) Fakta unik candi borobuduryaindonesiac0m) Fakta unik candi borobudur
(image Infobudayaindonesiacom) Fakta unik candi borobudur

Penghasil Devisa

Candi Borobudur yaitu adalah aset wisata yang paling membuahkan di propinsi Jawa Tengah. Tiap-tiap th, jumlah pengunjung meraih 1. 000. 000 orang. Borobudur bakal penuh sesak pengunjung terlebih ketika berlibur sekolah serta akhir th. Sebagian pihak mulai cemas bakal kelestarian Candi Borobudur. Terdapat banyak pengunjung yang berniat serta iseng mencoreti batunya. Semestinya, bangunan megah kebangganan anda ini dijaga baik-baik untuk kebutuhan anda dengan.

Demikian sobat info budaya 5 Fakta Unik Candi Borobudur, informasi ini sebagian info budaya mengambil dari infobudayaindonesiacom.

LEAVE A REPLY