Home Modernisasi Kesenian Ini Penyebab Bergabungnya Eno di Netral

Ini Penyebab Bergabungnya Eno di Netral

4020
1
SHARE

Tahun 1998 adalah titik balik seorang Eno Gitara Ryanto, begitu nama lengkapnya. Betapa tidak, Eno sejak kecil berada dibarisan Netralizer (fan base) sebagai penonton menyaksikan performance Netral, sampai pada akhirnya bisa jadi drummer band punk rock revolusioner ini.

Eno Netral Salah Satu drummer Top Di Indonesia

Jelas ini momen yang besar bagi drummer yang juga menguasai instrument gitar ini, karena Netral dipandang sebagai salah satu hitungan band rock legendaris yang mampu menancapkan kukunya sekian lama di tanah air. Netral tercatat sebagai band trio punk yang hingga kini masih mampu mempertahankan eksistensi dan konsistensinya dalam atmosfer industri musik diantara puluhan aliran band-band baru yang membanjiri khasanah musik Indonesia.

Baca : Benarkah Kebudayaan Toraja Telah Bergeser?

Wajar saja bila drummer yang cita-citanya ingin jadi insinyur ini betah duduk dibelakang drumnya mengawal musik Netral di lini rhythm section, karena Netral memberikannya ruang dengan konsep jamming dalam bermusik secara terus menerus hingga melebur secara alami, bebas berekspresi secara kontinyu melawan titik jenuh.

Drum Set Eno Netral

Awal bergabung sebagai additional drummer sekitar tahun 97 akhir, baru di medio 98 resmi sebagai drummer tetap band Netral. Cerita singkat bergabungnya Eno di netral tidak lepas pengaruh orang tua yang mendukungnya sejak SMP, dimana ortunya membuatkan Studio music untuk menyalurkan bakatnya. Di Studio musiknya tersebut yang biasa juga disewa oleh Miten (gitaris Netral kala itu).

Baca : Kesenian Batak Dan Suara Merdu

Suatu hari dia latihan sambil mencari drummer, setelah Netral ditinggalka sama Bimo. Beberapa kali ia bikin audisi sampai akhirnya si Miten sendiri ke Eno.

Baca : Wisata Jawa Timur, No 6 yang menegangkan

Pada perkembangannya, studio ini gua sewakan. Beberapa yang menyewa studio gua ini kadang ada si Miten (gitaris Netral kala itu).

Setelah beberapa kali manggung, mereka cocok dan pas mau masuk recording, Eno di ajak untuk bergabung di Netral.

Eno Gitara Ryanto Yang lebih di kenal dengan Eno Netral

Salah satu hal yang membuat Eno Netral tertarik, karena memang menyukai music band Netral yang memacu adrenalin. Disamping itu senang main musik dimana penontonnya juga ikut bergoyang nah Netral itu bisa banget dapetkan crowd-nya. Yang kedua, anak-anaknya juga nyaman itu bukan hanya saat kita latihan atau manggung saja. Tapi diluar juga, bercandanya nyambung dan gokil.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY