Home Wisata Wisata Jawa Timur, No 6 yang menegangkan

Wisata Jawa Timur, No 6 yang menegangkan

2262
0
SHARE
wisata jawa timur Goa Akbar (Image : tokotuban com)
wisata jawa timur Goa Akbar (Image : tokotuban com)

Info Budaya : Jawa Timur adalah salah satu provinsi yang ada di Indonesia, sebelum sobat info budaya berkunjung ke jawa Timur, berikut adalah tempat atau destinasi wisata Jawa Timur yang dapat masuk dalam agenda traveling anda.

1. Pulau Sempu

wisata jawa timur pulau sempu (Image : kemanaajaboleeh com)
wisata jawa timur pulau sempu (Image : kemanaajaboleeh com)

Pulau Sempu adalah sebuah pulau kecil yang terletak di sebelah selatan Pulau Jawa. Pulau ini berada dalam wilayah kecamatan Sumber Manjing Wetan – Kabupaten Malang, Jawa Timur. Saat ini Sempu merupakan kawasan cagar alam yang dilindungi oleh pemerintah.

Dalam pulau ini nyaris tidak ditemukan mata air payau.Secara geografis, Pulau Sempu terletak di antara 112° 40? 45? – 112° 42? 45? bujur timur dan 8° 27? 24? – 8° 24? 54? lintang selatan. Pulau itu memiliki luas sekitar 877 hektar, berbatasan dengan Selat Sempu (Sendang Biru) dan dikelilingi Samudera Hindia di sisi selatan, timur dan barat.

Pulau sempu merupakan pulau yang tidak berpenduduk dan di dalamnya hanya terdiri dari hutan berbukit yg sebagian besar adalah hutan mangrove. Pulau Sempu memiliki sebuah danau yaitu segara anakan, danau ini merupakan danau pasang surut air laut yang indah. Meskipun memiliki kedalaman sekitar 5 meter, danau ini aman untuk kegiatan snorkling ataupun hanya sekedar berenang karena sudah terbebas dari ombak laut lepas Samudra Indonesia.

2. Pantai Balekambang

Jembatan Hanoman Menghubungkan Wisata Jawa Timur Pantai Jembatan Panjang Dengan Pulau Hanoman (dhimas) (Image : malangtoday net)
Jembatan Hanoman Menghubungkan Wisata Jawa Timur Pantai Jembatan Panjang Dengan Pulau Hanoman (dhimas) (Image : malangtoday net)

Pantai Balekambang adalah salah satu obyek wisata pantai yang bisa di kunjuni di Malang. Pantai ini terletak di kecamatan Bantur, 65 Km sebelah selatan kota Malang. Pantai Balekambang terbentang dengan sangat indah dimana terdapat karang laut sepanjang 2 km dan memiliki lebar 200 meter ke arah laut. Terdapat 3 pulau yang terdekat dengan dengan pantai ini, yaitu Pulau Ismoyo, Pulau Anoman dan Pulau Wisanggeni. Tepat di atas pulau Ismoyo, terdapat sebuah Pura megah yang bernama Pura Luhur Amertha Jati, dan sebuah jembatan yang menghubungkannya melalui pantai utama Balekambang.

Baca : Keutuhan Keluarga dan Goa Margo Tresno

Pada bulan Suro, pantai Balekambang akan lebih ramai dari biasanya karena akan digelar upacara Surohan dan upacara Jalanidha Puja. Untuk mencapai pantai Balekambang, bisa melalui kecamatan Gondanglegi dan kecamatan Bantur, dilanjutkan ke desa Srigono atau melalui kecamatan Kepanjen, yang semua bisa diakses menggunakan kendaraan pribadi, baik motor ataupun mobil.

3. Goa Akbar

wisata jawa timur Goa Akbar (Image : tokotuban com)
wisata jawa timur Goa Akbar (Image : tokotuban com)

Goa Akbar yang merupakan salah satu objek wisata andalan Kabupaten Tuban berada tepat di bawah pasar rakyat. Ramainya aktifitas jual beli di pasar sungguh sangat kontras dengan suasana hening diselingi gemercik air saat berada di dalam gua ini.

Didalam gua ini juga dibangun sebuah kolam air tawar dengan menempatkan ikan mas didalamnya, otomatis hal ini memberikan nilai tambah tersendiri bagi pengunjung saat mengunjungi objek wisata ini.

Nama Akbar konon berasal dari nama sebuah pohon yang tumbuh didepan gua, yakni pohon Abar. Namun sumber lain menyebutkan nama Akbar tersebut diberikan oleh pemerintah Kabupaten Tuban yang merupakan akronim dari Aman, Kreatif, Bersih, Asri dan Rapi yang tak lain dan tak bukan adalah merupakan slogan dari Kabupaten Tuban itu sendiri.

4. Bromo

wisata jawa timur Goa Gunung bromo (image : malangtoday net)
wisata jawa timur Goa Gunung bromo (image : malangtoday net)

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru memiliki tipe ekosistem sub-montana, montana dan sub-alphin dengan pohon-pohon yang besar dan berusia ratusan tahun. Beberapa jenis tumbuhan yang terdapat di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru antara lain jamuju (Dacrycarpus imbricatus), cemara gunung (Casuarina sp.), eidelweis (Anaphalis javanica), berbagai jenis anggrek dan jenis rumput langka (Styphelia pungieus).

Terdapat sekitar 137 jenis burung, 22 jenis mamalia dan 4 jenis reptilia di taman nasional Bromo Tengger ini Satwa langka dan dilindungi yang terdapat di taman nasional ini antara lain luwak (Pardofelis marmorata), rusa (Cervus timorensis ), kera ekor panjang (Macaca fascicularis), kijang (Muntiacus muntjak ), ayam hutan merah (Gallus gallus), macan tutul (Panthera pardus ), ajag (Cuon alpinus ); dan berbagai jenis burung seperti alap-alap burung (Accipiter virgatus ), rangkong (Buceros rhinoceros silvestris), elang ular bido (Spilornis cheela bido), srigunting hitam (Dicrurus macrocercus), elang bondol (Haliastur indus), dan belibis yang hidup di Ranu Pani, Ranu Regulo, dan Ranu Kumbolo.

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru merupakan satu-satunya kawasan konservasi di Indonesia yang memiliki keunikan berupa laut pasir seluas 5.250 hektar, yang berada pada ketinggian ± 2.100 meter dari permukaan laut. Di laut pasir ditemukan tujuh buah pusat letusan dalam dua jalur yang silang-menyilang yaitu dari timur-barat dan timur laut-barat daya. Dari timur laut-barat daya inilah muncul Gunung Bromo yang termasuk gunung api aktif yang sewaktu-waktu dapat mengeluarkan asap letusan dan mengancam kehidupan manusia di sekitarnya (± 3.500 jiwa).

Gunung Bromo mempunyai sebuah kawah dengan garis tengah ± 800 meter (utara-selatan) dan ± 600 meter (timur-barat). Sedangkan daerah bahayanya berupa lingkaran dengan jari-jari 4 km dari pusat kawah Bromo. Suku Tengger yang berada di sekitar taman nasional merupakan suku asli yang beragama Hindu

5. Kebun Teh Wonosari

 wisata Bukit Kuneer yang berada di area Kebun Teh Wonosari Lawang (Image : malang-post com)
wisata Bukit Kuneer yang berada di area Kebun Teh Wonosari Lawang (Image : malang-post com)

Kebub Teh Wonosari di Lawang (Kabupaten Malang), kita dapat menyaksikan hamparan pohon teh berlatar belakang pegunungan yang menghijau, sejuk dipandang mata dan melegakan pernafasan karena tersedianya oksigen di alam terbuka.

Karena terletak di lereng gunung Arjuna, nun jauh disana pada waktu pagi hari kita dapat melihat keindahan alam pegunungan dengan panorama kota Lawang dan Singosari.uga tersedia kolam renang dengan air yang hangat agar pengunjung tidak merasa dingin bila berenang, dengan lingkungan yang tenang dan asri.

Bila tidak ingin berenang, anda dapat berjalan ? jalan dengan menyaksikan kebun binatang mini (minizoo), taman bunga, play ground, green house bunga anggrek, atau membeli tanaman hias di kios bunga di depan Koperasi swalayan Wonosari.

6. Kasembon Rafting

wisata jawa timur Ka Sembon Rafting (Image : dolandolen com)
wisata jawa timur Ka Sembon Rafting (Image : dolandolen com)

Kasembon Rafting adalah satu-satunya wisata arung jeram di Kabupaten Malang.Terletak di Desa Bayeman, Kecamatan Kasembon yang lokasinya hampir berdekatan dengan wisata air Bendungan Selorejo, berbatasan dengan kota Pare Kabupaten Kediri dan Kota Ngoro Kabupaten Jombang. Bila Anda dari Malang, melewati kota Batu – Pujon – Ngantang – Kasembon dengan jarak sekitar 65 KM dengan waktu tempuh sekitar 1,5 jam.

Baca : 4 Kearifan Lokal di Sulawesi Setalan

Bila Anda dari Surabaya, bisa melalui Krian, Mojokerto, Mojoagung, Kandangan – Kasembon dengan waktu tempuh sekitar 2 jam. Keunggulan dari Wisata Arung Jeram Rafting di Kasembon Malang dibandingkan tempat rafting yang lain yaitu: jarak yang dekat dari basecamp ke starting point (tidak perlu trekking yang melelahkan), beberapa ‘boom’ yang tinggi dan menantang, memiliki pemandangan pedesaan yang khas, lokasinya yang dikelilingi pegunungan, pemandangan alami sawah-sawah dengan tanaman padi yang menguning di sisinya dan panorama indah matahari terbenam sunset) di sore hari.

Bagaimana pesona Wisata Jawa Timur, sobat info Budaya destinasi wisata Jawa Timur masih banyak dan ini hanya sebagian kecil tempat wisata Jawa Timur yang info budaya bagikan kepada sobat traveling info budaya.

LEAVE A REPLY