Home Budaya Suaeb Mahbub, Corong Lembaga Kebudayaan Betawi

Suaeb Mahbub, Corong Lembaga Kebudayaan Betawi

927
0
SHARE
Tokoh Kebudayaan Betawi Suaeb Mahbub (Image : megapolitan kompas com)
Tokoh Kebudayaan Betawi Suaeb Mahbub (Image : megapolitan kompas com)

Info Budaya : Ingin mengetahui Kebudayaan Betawi, maka Suaeb adalah salah satu tokoh Budaya Betawi yang dapat menjadi rujukan bagi anda.

Jika melihat perawakan Suaeb Mahbub, terbilang masih belum tua tapi pengetahuannya tentang kebudayaan Betawi sangat matang.
Ia yang sehari-harinya bekerja di Lembaga Kebudayaan Betawi bagian Penelitian dan Pengembangan, diakhir pekan kegiatan rutinya bersama Sangga Si Pitung.

infobudaya Tokoh Kebudayaan Betawi Suaeb Mahbub (Image : senibudayabetawi com)
infobudaya Tokoh Kebudayaan Betawi Suaeb Mahbub (Image : senibudayabetawi com)

Baca : Perkembangan Dramaturgi dalam Pertunjukan Kontemporer oleh Petter Eckersall

Sanggar Si Pitung yang dipimpinnya merupakan Sanggar Kebudayaan Betawi yang mengajarkan konsep serta pakem kebudayaa Betawi agar tidak di salah artikan bagi mereka yang akan mengangkat kebudayaan Betawi.

Sebagai pemberi pengetahuan atau corong ke sanggar-sanggar lain mengenai kebudayaan Betawi, misalnya Suaeb Mahbub mengajarkan tata cara melakukan palang pintu atau cara berpakaian khas Betawi.

Baca : Wisata Jawa Timur, No 6 yang menegangkan

Suaeb menjelaskan, klien-kliennya tersebar di berbagai daerah dan berbagai cabang kesenian. Mulai dari pencak silat, lenong, hingga teater yang mengangkat tema Betawi.

Ilmu yang diberikan juga beragam, mulai dari cara berpakaian khas Betawi, cara menulis naskah lenong Betawi, hingga pengetahuan mengenai sejarah kebudayan Betawi.

Baca : Peradaban Pra-sejarah Ini Masih Jarang Di Ketahui

Baca : Almarhum Maestro Topeng Mbah Karimoen

Suaeb Mahbub telah banyak membantu kegiatan-kegiatan mengenai Kebudayaan Betawi, bahkan tesis-tesis dan skripsi yang karya ilmiah berkunjung untuk mendapatkan penjelasan mengenai kebudayaan Betawi.

Tokoh Kebudayaan Betawi (Image : megapolitan kompas com)
Tokoh Kebudayaan Betawi (Image : megapolitan kompas com)

Berkunjung ke pulau-pulau besar di Indonesia di lakoninya untuk menyebarkan Kebudayaan Betawi. Dia juga menjadi langganan tampil di berbagai pentas kebudayaan Betawi seperti lenong, teater, hingga ngebuleng.

LEAVE A REPLY