Home Budaya Kalau Bukan Kita Siapa Yang Mempertahankan Budaya Lokal

Kalau Bukan Kita Siapa Yang Mempertahankan Budaya Lokal

982
0
SHARE

Info BUdaya : Kearifan lokal dapat didefinisikan sebagai suatu kekayaan budaya lokal yang mengandung kebijakan hidup, pandangan hidup (way of life) yang mengakomodasi kebijakan (wisdom) dan kearifan hidup.

Info Budaya Indonesia Dimenna Luwu Post Fest 2018
Info Budaya Indonesia Dimenna Luwu Post Fest 2018

Baca : Saat Bule Yang Melestarikan Kebudayaan dan Kesenian Indonesia

Di Indonesia kearifan lokal tidak hanya berlaku secara lokal pada budaya atau etnik tertentu, tetapi dapat dikatakan bersifat lintas budaya atau lintas etnik, sehingga membentuk nilai budaya yang bersifat nasional.

info budaya indonesia Aluk Todolo (Image : makassar tribunnews com)
info budaya indonesia Aluk Todolo (Image : makassar tribunnews com)

Baca : Terbongkar Ini Rahasia Toraja Dikenal Di Seluruh Dunia

Sebagai contoh, hampir di setiap budaya lokal di Nusantara dikenal kearifan lokal yang mengajarkan gotong royong, toleransi, etos kerja, dan seterusnya. Yang diajarkan turun temurun sebagai warisan dakam bentuk sastra lisan. Pepatah dan peribahasa, folklore salah satu contoh sastra lisan yang mengandung makna.

Rumah adat suku mamasa (Image : goodnewsfromindonesia id)
Rumah adat suku mamasa (Image : goodnewsfromindonesia id)

Baca : Keutuhan Keluarga dan Goa Margo Tresno

Mengali Keraifan budaya local bukan hanya menjadi tanggung jawab Pemerintah saja, tapi sebagai warga negara Indonesia yang hidup dalam budaya local tersebut, wajib mempertahankan, sehingga anak cucu kita tidak mendengar sejarahnya saja.

Walaupun yang terjadi digenerasi bahkan tren di masyarakat saat ini adalah merasa malu jika masih bersifat kedaerahan dan bahkan dianggap kampungan. Generasi sekarang lebih bangga menggunakan pakaian bermerek dari luar negri, sungguh hal yang sangat mencemaskan.

Baca : 4 Kearifan Lokal di Sulawesi Setalan

Baca : Kearifan Budaya Dari Sudut Pandang Filsafat

Kalau bukan kita siapa yang dapat mempertahankan tradisi atau kearifan local tersebut, jangan kita hanya protes saat negara lain mengakui warisan budaya kita sebagai warisan budayanya.

LEAVE A REPLY