Home Budaya Menuju PAMOSPATI #2 Parade Monolog Nasional Pelaku Teater Indonesia 2022

Menuju PAMOSPATI #2 Parade Monolog Nasional Pelaku Teater Indonesia 2022

2078
0
SHARE

Kegiatan Monolog adalah suatu ilmu terapan yang mengajarkan tentang seni peran di mana hanya dibutuhkan satu orang atau dialog bisu untuk melakukan adegan atau sketsanya. Kata monolog lebih banyak ditujukan untuk kegiatan seni terutama seni peran dan teater. 

Kegiatan Monolog

Sedangkan, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, pengertian monolog adalah pembicaraan yang dilakukan dengan diri sendiri, adegan sandiwara dengan pelaku tunggal yang membawakan percakapan seorang diri.

Baca : Pancasila dan Awing-Awing

Secara sederhana, pengertian monolog adalah monodrama yang biasanya dilakukan oleh seseorang yang berbicara di hadapan pemirsa seorang diri. Pada praktiknya, monolog sering digunakan dalam storytelling, standup comedy, dan pementasan teater.

Kegiatan Monolog

Sanggar Anak Merdeka Indonesia di Surabaya juga melakukan kegiatan monolog menuju PAMOSPATI #2.

PARADE MONOLOG NASIONAL PELAKU TEATER INDONESIA 2022. 

Baca : Festival di Jeneponto

Bak berbalas Pantun, respon secara kelembagaan, personal, langsung tak langsung, di Jawa Timur, Surabaya khususnya, mendorong pergelaran Sanggar Anak Merdeka Indonesia, Surabaya, Gunung anyar emas, dan perekaman gambar (Shott), terlampoi seksama, sentuhan kreatif senimatik menuju pentas Virtual 14 Oktober  2022 di Channel Youtube Pelaku Teater Indonesia, sebuah penantian spesial. 

Jangan lewatkan!. 

Kegiatan Monolog

Baca : Kepercayaan Wangsa Bonokeling

Seperti senandung para pelakon SAMIN yang di sampaikan pada pembuka pergelaran itu,  :

 ” Mendung nggantung sumilak o, Mbulan awe awe madangi sing nduwe gawe, sing nduwe gawe akeh rejekine, sing nduwe gawe sehat Jiwo Ragane, ae.. ae.. ae.. Sing nduwe gawe Bangsane dewe”.

Semoga Tuhan mengabulkan, Aamiin.

LEAVE A REPLY