Home Wisata Berburu Cahaya Goa di Jogja

Berburu Cahaya Goa di Jogja

11226
0
SHARE

Info Budaya – Jogja yang terkenal akan kebudayaan kerajaan dan sampai sekarang masih kental menjadi tujuan wisata di daerah istimewa ini. Salah satu wisata yang cukup terkenal selain kraton adalah Jl Malioboro. Traveler Info budaya, ternyata kekayaan alam Jogja juga patut menjadi destinasi yang wajib anda kunjungi saat berkunjung ke daerah Istimewa ini.

Salah satu gunung yang cukup terkenal di Joga adalah Gunung Kidul yang merupakan lokasi favorite pengagum caving, merupakan rangkaian pegunungan kapur yang membentang dari Pacitan sampai Gunung Kidul.

Baca : Event Budaya Tahunan di Indonesia, Toraja salah satunya

Sebagian besar goa-goa yang ada di Gunung Kidul adalah gua kapur yang mempunyai panorama stalaktit serta stalakmit yang demikian menawan. Terkecuali di Gunung Kidul, anda akan temukan sebagian gua kapur di daerah Bantul. Tersebut ini yaitu sebagian gua populer yang dapat anda kunjungi di Jogja.

Baca : Kartini Dari Luwu Opu Daeng Risadju

Nah di daerah ini banyak terdapat Goa-goa yang dapat menjadi salah satu daerah wisata yang dapat sobat Info Budaya kunjungi.
Berikut beberapa Goa yang cukup terkenal di daerah Istimewa Joga tersebut :

Goa Pindul

Serunya menyusuri Sungai sambil menikmati indahnya pemandangan alam di Goa Pindul di Jogja (Image : republika.co.id)

Goa Pindul adalah objek wisata berupa gua yang terletak di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul. Gua Pindul terbilang unik karena cara menyusuri gua yang dilakukan dengan menaiki ban pelampung diatas aliran sungai bawah tanah di dalam gua. Kegiatan menyusuri gua ini dikenal dengan istilah cave tubing.

Goa Pindul yaitu gua yang paling populer di Jogja (Image : paketwisatajogja75.com)

Goa Pindul yaitu gua yang paling populer di Jogja. Goa ini ada di daerah di Gunung Kidul serta adalah satu diantara tempat wisata unggulan di daerah itu. Goa ini makin tampak indah karena kehadiran Sungai oya yang mengalir di bawahnya. Waktu mengendarai kendaraan menuju Pantai Selatan di Gunung Kidul, anda bakal merasakan sangat banyak beberapa orang yang tawarkan paket guide ke Goa Pindul.

Gua Jomblang

Indahnya cahaya di goa Jomblang menjadi incaran (Image : paketwisatajogja75.com)

Goa Jomblang merupakan salah satu dari ratusan bahkan mungkin ribuan goa yang ada di kawasan karst Gunung Sewu. Goa ini terbentuk dari proses geologi amblesnya tanah di atas beserta vegetasinya (collapse doline) pada ribuan tahun yang lalu. Vegetasi yang ikut ambles ke dasar gua terus tumbuh dengan subur dan kini dikenal dengan nama hutan purba karena jenis tanamannya sangat berbeda dengan tanaman yang ada di permukaan tanah.

Sejak Kawasan Gunung Sewu ditetapkan oleh UNESCO sebagai anggota baru Global Geopark Network pada September 2015, Gua Jomblang pun ditunjuk menjadi icon geopark dunia ini.

Pancara cahaya dari atas menerangi ke dalam Goa membuat goa Jomblang cukup diminati (Image : datawisata.com)

Baca : Keseimbangan Alam, Acara Ngarak Kucing

Goa Jomblang juga adalah gua yang cukup populer di Gunung Kidul. Goa ini adalah satu gua vertikal yang mempunyai sungai bawah tanah. Kehadiran sungai tersebut yang bikin pengagum caving suka bertandang ke Goa Jomblang.

Sobat Info Budaya Gimana serukan berburu cahaya di Goa tersebut, jangan lupa komentarnya sobat. Salam Budaya Salam Nusantara

LEAVE A REPLY