Home Budaya Upacara Nakokake – Nanya dulu sebelum action

Upacara Nakokake – Nanya dulu sebelum action

17720
0
SHARE

Info Budaya – Tiap daerah punya tradisi masing-masing, dan di Indonesia ada banyak suku sehingga tradisi dan kebudayaan juga beragam. Begitu juga dengan Nakokake adalah tradisi adat Jawa Timur.

Nakokake merupakan salah satu kegiatan sebelum akad nikah dilaksanakan. Perkawinan atau sering pula disebut dengan pernikahan merupakan salah satu peristiwa penting dalam sejarah kehidupan setiap orang.

Baca : Keren Desa Adat Jadi Destinasi Wisata Populer

Masyarakat Jawa memaknai peristiwa perkawinannya dengan menyelenggarakan berbagai upacara yang termasuk rumit. Upacara itu dimulai dari tahap perkenalan sampai terjadinya pernikahan.

Nakokake merupakan salah satu kegiatan sebelum akad nikah dilaksanakan. (Image – gwslur.id)

Secara bahasa “nakokake“ (Dalam bahasa Jawa) memiliki arti menanyakan kondisi pujaan hati. Apakah sangat pujaan hati sudah memiliki pendamping atau belum. Hal ini sangat penting agar mengetahui status secara jelas terutama dari orang tuannya langsung. Dalam hal ini wanita dapat menjawab sesuai dengan statusnya. Jika dari pihak wanita menyatakan bahwa wanita masih dalam keadaan single, maka akan di teruskan.

Baca : Perwujudan Boneka Dari India Populer di Jamannya

Adat istiadat Jawa Timur upacara nakokake, di lakukan dengan cara mengirimkan seorang wali dari pihak pengantin mempelai pria ke rumah pihak pengantin mempelai wanita dengan tujuan untuk mengabarkan rencana kedatangan dari pihak laki-laki dan membuat kesepakatan dengan pihak perempuan.

Baca : Kenapa Harus Traveling di Jogja

Karena masih dalam taraf bertanya apakah dari pihak perempuan menyetujui atau tidak, jadi dalam melakukan upacara ini, tidak harus membawa barang seperti cincin atau apapun.

Secara bahasa “nakokake“ (Dalam bahasa Jawa) memiliki arti menanyakan kondisi
pujaan hati (Image – vedcmalang.com)

Namun, apabila dari pihak pengantin mempelai wanita telah memiliki pasangan atau pendamping, maka proses selanjutnya tidak dilakukan atau pernikahan tidak dilaksanakan.

Baca : Ini Penyebab Bergabungnya Eno di Netral

Keunikan kebudayaan saat akan melakukan pernikahan di daerah Indonesia sangat beragam, dan Nakokake satu dari sekian banyak tradisi yang terdapat di Indonesia. Jangan lupa berikan komentar untuk memberikan masukan kepada infobudaya.com.

LEAVE A REPLY