Home Kesenian Masih Hidup Kah? Wisata Budaya Kota Palu

Masih Hidup Kah? Wisata Budaya Kota Palu

323
0
SHARE

InfoBudaya : Menelusuri kebudayaan lokal di Lembah Palu juga adalah penelusuran terhadap sejarah akulturasi peradaban dunia dan kebudayaan Kaili serta pemikiran dari banyak penulis cum arkeolog, Antropolog, Sosiolog, Fotografer, Etnolog, Alim Ulama, Misionaris, yang sebagian besar berkebangsaan asing termasuk diantaranya tokoh-tokoh Nasional dan local yang memberikan kontribusi besar bagi eksistensi kebudayaan local di Lembah Palu hingga hari ini.

info budaya wisata kota palu
info budaya wisata kota palu

Pelacakan sejarah akulturasi itu terekam sejak era mitologi To Manuru (yang turun dari kayangan) dan era mitologi Sawerigading yang tertulis dalam lontar I Lagaligo, era kerajaan-kerajaan di Lembah Palu, era islam hingga periode kolonial ketika Belanda dan Jepang menguasai Nusantara.

Beberapa bentuk kebudayaan itu masih dapat ditemui dalam event-event seni pertunjukan, juga termasuk peninggalan sejarah yang setiap saat dapat dikunjungi wisatawan yang berkunjung ke Kota Palu.

KAKULA

Info Budaya Wisata Budaya Kota Palu
Info Budaya Wisata Budaya Kota Palu

Kakula adalah alat musik yang dimainkan dengan cara dipukul. Instrumen musik ini terbuat dari tembaga atau kuningan, serupa dengan gong atau bonang di Jawa. Kakula biasa dimainkan dalam upacara adat kaili.

Pada proses perkembangannya, Kakula biasanya dimainkan bersama instrument perkusi tradisional lainya seperti Gimba, serupa dengan Gendang bundar dan Kudode, perkusi dari bambu.

LALOVE

Info Budaya alat musik lalove khas kota Palu
Info Budaya alat musik lalove khas kota Palu

Lalove adalah alat musik tiup khas suku Kaili, sejenis seruling yang terbuat dari bambu.

DADE NDATE

Info Budaya Dade Ndate khas kota Palu
Info Budaya Dade Ndate khas kota Palu

Dade Ndate adalah dua suku kata yang secara harfiah artinya adalah Dade yang berarti lagu dan Ndate adalah cerita atau syair dari bawah keatas, suatu metafora bagi perjalanan dari dataran rendah dataran tinggi.

Dadendate adalah nyanyian pembawa kabar yang syairnya hadir melalui improvisasi. Dadendate adalah bentuk dari sastra lisan yang dimainkan bersama iringan instrument Kecapi dan Mbasi-Mbasi.

RITUAL BALIA

Info Budaya Kegiatan Balia di Sulawesi Tengah
Info Budaya Kegiatan Balia di Sulawesi Tengah

Ritual Balia adalah salah satu upacara adat tradisional dan ritual penyembuhan suku Kaili yang sampai hingga kini masih sering dilaksanakan oleh kelompok masyarakat adat di Lembah Palu.

Balia atau Na Bali-ia (terjadi perubahan padanya), yang berarti perintah untuk mengubah menjadi lebih baik dalam beragam konteks pelaksanaannya, baik untuk penyembuhan penyakit, penanggulangan bencana, pemberian sanksi atas pelanggaran hukum adat, atau permohonan syukur atas keberhasilan panen.

Sayang disayangkan bila warisan budaya tersebit jika hanya menjadi cerita bagi generasi penerus. Semoga Pemerintah setempat dan masyarakat masih tetap menjaga salah satu kekayaan budaya Indonesia tersebut. Salam Info Budaya

LEAVE A REPLY