Home Kesenian Tradisional Iseng Berbuah Hasil Karya

Iseng Berbuah Hasil Karya

320
1
SHARE

Info Budaya – Jaman milenial sekarang ini, banyak kreativitas kreativitas yang berkembang dan hal tersebut tentu saja membuat
perkembangan kebudayaan menjadi sangat bervariasi.

Perkembangan seni kontemporer dewasa ini juga sangat berragam, dengan memadukan berbagai alat musik daerah ataupun tradisi budaya
dan dikemas dalam berbagai bentuk, ada yang mengemas dalam bentuk seni pertunjukan adapula yang mengemas dalam bentuk musik.

Salah satu seniman yang jebolan Institut Kesenian Jakarta (IKJ) Jamal Gentayangan, yang telah lama bergerak dalam bidang kebudayaan. Kembali membuat dan menciptakan
musik kontemporer dengan arransement orkestra yang di kolborasikan dengan alat musik daerah ataupun tradisi budaya daerah setempat.

Baca : God Bless Rilis Lagu Untuk Indonesia ada apa?

Awal mulanya iseng membuat karya musik daerah Jeneponto lagu Butta Ma Baji yang direkam dalam alunan Gitar sambil duduk santai ditemani segelas kopi dan sepiring gorengan tentunya,
Jamal Gentayangan yang sering membuat tagar NgopiRong memberikan rekaman tersebut ke Dudheq (MR D Periselo) kemudian jadilah arransement musik kontemporer.

Dari keisengan tersebut akhirnya mengalir beberapa karya lainnya.
Seperti berikut :

Musik kontemporer – orkestra & Etnik Toraja-Official Music (Inspirasi Dari Tradisi Ma’badong)

Nakkukku ri Katte (Ammakku)

Nasara Desaku Tandus (Kisah Di Jeneponto)

Disela-sela kesibukannya (Jamal Gentayangan) masih sempat membuat beberapa karya musik dan memberikan inspirasi kepada beberapa kenerasi yang mencintai kebudayaan untuk tetap berkaya..

Baca : Arie Tipe X – hanya X friends yang tentukan

Hal tersebut memberikan semangat kepada Dudheq untuk membuat karya musik lagi dan salah satu karya musiknya berjudul takdir.. yang terinspirasi dari kehidpan sosial dimasyarakat yang sering menyalahkan takdir karena kekurangan atau ketidak mampuan dalam mewujudkan satu hal (tentu saja tidak bertentangan dengan norma sosial dan kenegaraan).

Lagu tersebut dikemas dalam musik funk yg berciri khas gitar clean and crunch dan sound bass yang di Slap tentu saja hentakan drum yang power full. membuat musik tersebut memberikan energi untuk mengeluarkan takdir dalam diri dan mewujudkannya.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY