Home Budaya Pengaruh Media Massa Pada Perkembangan Kesenian

Pengaruh Media Massa Pada Perkembangan Kesenian

841
0
SHARE
Info-budaya-suku-korowai-di-papua
Info-budaya-suku-korowai-di-papua

Sirikit Syah adalah seorang penyair serta juga dikenal sebagai pengamat media membagi Kesenian menjadi dua jenis Kesenian yaitu fine/high art serta popular art. Dalam fine/high art seperti karya Kesenian lukis serta Kesenian pertunjukan teater yang dapat mengilhami untuk berkarya, mencerahkan, sesuatu yang agung serta transenden.

info budaya kebudayaan Minahasa
info budaya kebudayaan Minahasa

Sedangkan Popular art dimana kegiatan Kesenian yang dapat menghibur, mengisi waktu luang, just for fun contohnya film, musik serta sinetron.

Sedangkan dua efek mediasi Kesenian yaitu reaching out serta dumbing down. Dimana reaching out dapat memperluas pasar, meningkatkan popularitas, keuntungan komersial, ekonomi

Keseimbangan Alam dan Acara Ngarak Kucing-Info Budaya
Keseimbangan Alam dan Acara Ngarak Kucing-Info Budaya

Kesenianan. Sedangkan dumbing down adalah penurunan kualitas Kesenian, memenuhi kebutuhan/selera pasar, kehilangan standar,
Begitu pentingnya Kesenianan mendapat perhatian media massa sebagai jembatan bagi Kesenianman serta karyanya agar dapat diapresiasi oleh ma-sya-ra-kat, dengan dibangunnya komunikasi lewatmedia massa, keKesenianan a-kan mendapat perhatian serta perkembangannya diketahui ma-sya-ra-kat

Penerbitan buku sebaiknya dibebaskan. Namun bila ada anomali/penyimpangan terhadap hukum, etika, norma, serta nilai di ma-sya-ra-kat, tugas wartawan memberita-kannya sehingga ma-sya-ra-kat waspada serta pengarang menerima konsekuensinya.

Info Budaya Kesenian jaranan di Nganjuk
Info Budaya Kesenian jaranan di Nganjuk

Peran wartawan sangat besar dalam menjadikan “Kesenianman” serta menumbuhkan atmosfir Kesenian di ma-sya-ra-kat. Media massa mesti memiliki lembar-lembar serta segmen sastra serta fine-art untuk memelihara kualitas kemanusiaan.

Kesenian just for the sake of sales (comodity) harus dikurangi. Wartawan Kesenian serta hiburan mesti meningkatkan pengetahuannya serta daya kritisnya, demi perbaikan kualitas bangsa.

Info budaya tari tayub
Info budaya tari tayub

Begitu banyaknya media yang kita ketahui namun sangat sedikit yang memberikan ruang bagi Kesenian fine/high art serta kebanya-kan masih memberikan ruang yang lebih kepada Kesenian popular art. Padahal kita ketahui bahwa perkembangan sebuah ke-budayaan lepas dari pengaruh Kesenian yang berkembang di ma-sya-ra-kat serta yang memberikan informasi sebagian besar di monopoli oleh media.

Jadi kita salah jika ma-sya-ra-kat Indonesia lebih mencintai ke-budayaan asing daripada ke-budayaan Indonesia. Namun sangat disayangkan ada pendapat yang mengata-kan jika senang dengan tayangan kami, pidah saja kesaluran lainnya.

info-budaya-siraman-sedudo
info-budaya-siraman-sedudo

Setiap manusia membutuhkan hiburan ataupun informasi, namun alangkah sedihnya jika hiburan serta informasi tersebut kita hanya mempunyai pilihan yang hamper sama disetiap media, bagaimana kita a-kan memilih. Ibarat kita sesertag lapar serta ada ma-kanan lain maka dengan terpaksa kita a-kan menyantap hisertagan tersebut.

Bagaimana pendapat anda? Jika mempunyai pendapat yang berbeda, kami sangat berterima kasih jika anda membagikan opini anda.

LEAVE A REPLY