Home Budaya Museum Kreweng – Museum alam yang bersejarah di Sidoarjo

Museum Kreweng – Museum alam yang bersejarah di Sidoarjo

6989
0
SHARE
Mbah Mulo saat menunjukkan batu koleksi museum. (Image : HENDRIK MUCHLISON/RADAR SIDOARJO)

KRIAN-Sidoarjo. Info Budaya – Indonesia terminal dengan berbagai macam kebudayaannya yang sangat melimpah dan keunikannya yang membuat Indoneisa dik kanal sebagai salah satu negara yang berkebudayaan.

Museum Kreweng yang tarletan di kecamatan Krian tepatnya di desa Terug wetan Sidoarjo terdapat pecahan-pecahan ornamen kuno merupakan peninggalan situs Kadipaten Terung. Walaupun terbilang baru dididirakan yaitu pada bulan Juni di tahun 2020, Museum Kreweng memberikan semangat kepada kita agar tetap menage dan melestarikan kebudayaan Indonesia.

Museum Kreweng di Krian, Sidoarjo yang menyimpan berbagai artefak peninggalan Kadipaten Terung Image by sidoarjonews id

Peneman pecan-pecahan inilah yang menjadi cikal bakal  nama dari museum ini. Kata Kreweng sendiri dalam bahasa jawa berarti pecahan-pecahan barang.

Baca : Jangan Meninggal Sebelum Ke Toraja

Sudan bukan rahasia lagi jika di era sekarang kita cari ornamen atau peninggalan sejarah yang masih utuh, itu sulit. Kreweng itu diambil dari fragmen atau pecahan ornamen  sejarah   peninggalan kadipaten Terung,

Yang menarik dari museum ini tarletan di alam yang tertata apik walaupun sederhana tidak seperti museum yang kern kali kita kenal, yang sangat identik dengan gedung yang luas. Tatanannya masih sangat sederhana, beralaskan tanah dan beratapkan rindangnya dedaunan dari pohon bambu, museum tersebut sangat cocok bagi siapapun yang ingin mengetahui situs peradaban dari kadipaten Terung tersebut.

Baca : TEDx Surabaya

Museum Kreweng di Desa Terung Wetan, Kecamatan Krian, Sidoarjo. Image by faktualnews co

Di Museum Kreweng terdapat sekitar 500 pecahan ornamen sejarah peninggalan kadipaten Terung. Pecahan-pecahan tersebut berupa kerajinan tangan tanah liat, keramik, dan batu alu lumpang serta tembikar.

Keunikan lainnya lagi dari museum ini tidal dipungut biaya saat berkunjung ke Museum Kreweng ini. Hal itu dikarenakan, adanya museum tersebut sebagai bentuk sarana edukasi bagi masyarakat.

Ayo generasi bangsa yang mencintai kebudayaan Indonesia silakan berkunjung ke Museum Kreweng. Smog Informasi Kebudayaan ini dap[at berguna bagi pembaca sepia Info budaya. 

Baca : Jendela Seribu Pintu

LEAVE A REPLY